Mimpi
Rencana
Usaha
Nyata
Semua Berproses
Sukses buat para dreamers







Selasa, 20 Oktober 2020

Berkenalan dengan Program Kartu Prakerja

Di suatu malam, salah seorang teman ku menanyakan di grup pertemanan kami, apakah ada yang ikut kartu prakerja?



Ku tanggapi seperti chat di atas.

translate :
Teman    : Ada yang ikut Kartu Prakerja?
Aku         : Ngga ada, kan sudah pada kerja.
Teman   : Boleh kok ikut walaupun udah kerja.
Aku        : Oh ya?! Syaratnya apa aja? 
                 Ku pikir cuma buat yang baru lulus sekolah/kuliah.


Kemudian percakapan berlanjut.

Aku sebelumnya sudah mendengar program pemerintah tersebut, tapi tidak mencari tahu lebih lanjut mengenai isi nya. Bahkan persyaratannya juga aku baru tahu setelah membuka websitenya malam itu.

Sehari sebelumnya, aku ada membaca tweet soal Prakerja juga, tapi tidak kepikiran untuk mencari tahu karena benar-benar hanya berpikir itu untuk para fresh graduated atau orang-orang yang sedang tidak bekerja a.k.a pengangguran.

Ternyata setelah membaca sekilas mengenai program tersebut, aku bisa masuk di persyaratannya.

Tapi aku tidak langsung bergabung malam itu.

Waktu berlalu, aku disibukkan oleh pekerjaan sehari-hari dan lupa mengenai prakerja itu.

Hingga kemudian, di hari Senin, 21 September 2020 aku kembali teringat soal kartu prakerja dan mencari tahu kapan terakhir pendaftaran untuk gelombang 8.

Ternyata pendaftaran ditutup pada hari itu, sekitar 1 jam lagi. dan yang aku baca itu adalah gelombang terakhir, yang aku pikir setelah itu tidak akan dibuka lagi. Jadi sayang banget rasanya kalau tidak mencoba. Apa aku salah baca atau memahami isi beritanya ya saat itu? 🤔 karena setelahnya ternyata masih dibuka juga untuk gelombang berikutnya.

Aku ingat tentang pendaftaran Kartu Prakerja di menit-menit terakhir dan syukurnya pendaftaran ditutup mengikuti Waktu Indonesia Barat yang artinya selisih 1 jam dengan wilayah ku.

Yah, aku masih ada waktu sekitar 1 jam untuk mempersiapkan semuanya, mulai dari pendaftaran hingga mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang soal-soalnya emm...tergolong cukup mudah.

setelah lulus tes, aku langsung menggajukan untuk Gabung di gelombang 8 dan kemudian menunggu hingga pendaftaran ditutup sampai ditentukan apakah aku diterima atau tidak menjadi salah satu anggota Kartu Prakerja. (to be continued)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar