Mimpi
Rencana
Usaha
Nyata
Semua Berproses
Sukses buat para dreamers







Rabu, 10 Mei 2017

Pengajuan pengembalian dana saya ditolak! Bagaimana nasib belanjaan online saya ????

Oke,
Saya asumsikan kalian yang baca postingan ini sudah membaca postingan saya sebelumnya. Kalau belum coba aja klik di sini.

Jadi,
Setelah saya mengajukan pengembalian dana dengan mengungkapkan alasan saya, dan saya posting waktu itu, saya coba buka lagi aplikasi online shopnya dan saya liat si penjual online beberapa detik sebelumnya.
Mungkin dia akhirnya online karena ada notifikasi dari aplikasi bahwa ada costumer nya yang mengajukan pengembalian dana. 
Tapi sayangnya chat saya tetap tidak ditanggapi.

Lalu,
Keesokan paginya, saya yang masih galau dengan nasib barang atau uang saya, membuka aplikasi itu lagi dan ada notif bahwa pengajuan pengembalian dana saya ditolak sama si penjual dengan alasan "barang sudah dikirim. saya akan coba konfirmasi ke kurir karena resi tidak valid."
Ada email yang masuk secara otomatis karena penolakan tersebut dan saya diminta menunggu proses penyelesaian masalah. Pihak "aplikasi" akan menganalisa masalah dan melihat bukti yang diberikan penjual yang katanya sudah mengirim barang pesanan saya. Dan akan memberitahu saya nanti ketika keputusan sudah dibuat.

Dan saya pun jadi harap-harap cemas. Antara senang karena barangnya sudah dikirim (dari versi si penjual) tapi galau juga karena nomer resi tidak kunjung diberi.

Sehari kemudian, 6 Mei 2017
tak ada yang berubah dari status, baik di aplikasi maupun email.

Mungkin dasarnya saya yang kepo banget, selain galau juga dan ngga sabaran, saya balas email ke adminnya untuk menanyakan berapa lama saya harus menunggu keputusannya?

Dari email tersebut, saya mendapat jawaban katanya pertanyaan saya akan ditangani dalam 3 hari kerja. Dan ada email lain yang masuk yang intinya memberitahu bahwa mereka akan menindaklanjuti ke penjual dan akan menginformasikan kepada saya bagaimana hasilnya maksimal tanggal 9 Mei 2017. Email tersebut tidak saya balas lagi. Saya mau nunggu aja.

Jadi, kalau dianalisa 3 hari kerja yang dimaksud itu terhitung dari tanggal saya menanyakan ke admin lewat email (6 Mei 2017) bukan dari saat pengajuan pengembalian dana saya ditolak oleh penjual (5 Mei 2017).

Kenapa tanggal ini saya perhitungkan, karena saya cemas dengan nasib belanjaan saya. Saya takut barangnya ternyata hilang entah kemana. Saya takut uang saya tidak bisa kembali. Saya memperhitungkan waktunya juga, jika uang saya kembali mungkin saya masih sempat membeli barang itu secara offline. Sekali lagi, ini karena waktu yang teramat singkat, karena saya memerlukan barang itu tgl 14 Mei 2017. Jika uang saya dikembalikan, walau pun masih tersimpan di aplikasi, setidaknya saya tahu pasti bahwa uang saya sudah aman. Takutnya, penjual bisa memberi bukti kalau barangnya sudah dikirim tapi proses di kurir yang lama, barang sampai lewat dari tgl 14. Jika saya keburu beli yang lain, malah nanti akhirnya jadi double. Pikiran-pikiran yang kayak gini yang bikin saya galau dan hiks...hiks... Kayak ngerasa down banget. Kayak nyalahin diri sendiri gitu, kenapa kemaren dibayar lewat cara yang lain padahal kayak udah dikasih tanda gitu kalau belanja online kali ini tuh akan ada masalah dengan gagalnya transfer lewat atm.
Pokoknya macem-macem lah pikiran-pikiran negatif yang memenuhi otak

Lalu,
hal yang bikin saya makin kesel dan cemas adalah ketika pada tanggal 8 Mei 2017 saya dapat email yang mengatakan bahwa mereka belum mendapat jawaban dari saya mengenai permasalah dari email terakhir yang dikirim kesaya (yang tidak saya balas itu). Terus dibagian akhir email itu ada kalimat bahwa sistem akan otomatis merubah status jadi selesai jika saya tidak menjawab dalam 3 hari.

Saya kaget dong.
Langsung aja saya balas emailnya, begini :
Ini bagaimana maksudnya ya?
Bukannya saya yang menunggu informasi selanjutnya sampai tgl 9 Mei 2017?
Saya sudah coba terus menghubungi penjual, tapi tidak ada tanggapan sama sekali.
(saya masukkan screenshot chat saya dengan si penjual)
Tolong segera dibantu penyelesaian masalah ini!

Sore harinya saya dapat email balasan yang mengatakan mereka mohon maaf karena ketidaknyamanan yang saya alami dan mohon kesediaan saya untuk menunggu maksimal sampai hari Selasa, 9 Mei 2017.

Ya sudah, saya sedikit lega karena waktu yang dijanjikan tidak berubah.

Menunggu hasil keputusan yang hanya tinggal sehari lagi dengan perasaan khawatir tuh rasanya ngga enak banget. Kayak waktu berjalan sangat pelan.

Tanggal 9 Mei 2017.
Sejak pagi saya sering bolak-balik ngecek aplikasi ol shop dan email.
Berharap saya bisa dapat jawaban yang memuaskan.
Berharap saya bisa menghentikan kegalauan yang saya rasakan.

Hingga malam tiba.
akhirnya saya dapat email dari pihak "aplikasi" yang intinya menyetujui permintaan pengembalian dana saya. saya cek ke aplikasi dan dompet saya sudah terisi dengan nominal yang saya transfer lewat mini market 13 hari yang lalu.

Alhamdulillah...

Tadi malam langsung saya proses penarikan dana untuk bisa ditransfer ke rekening bank saya.

Dan memang harus menunggu lagi.
1 - 2 hari.

Hari ini belum saya cek apa uangnya sudah masuk ke rekening berhubung saya tidak ada fasilitas mbanking ataupun ibanking.

So,
lagi dan lagi, saya pengen ngingetin ke temen-temen yang suka belanja online, walaupun aplikasinya bisa terpercaya tapi kita juga kudu memperhatikan shop yang menjadi tempat kita belanja. Lihat review orang-orang yang sudah pernah belanja di shop tersebut ataupun lewat aplikasi tersebut. Jangan sampai kejadian yang sangat tidak nyaman bagi saya ini juga terjadi ke kalian.

Saya sengaja tidak menyebutkan aplikasi  yang saya maksud karena masih menghargai niat baik manajemen aplikasi dalam menyelesaikan permasalahan yang saya alami.
Kalau nama ol shopnya?
Ya sudah lah,
cukup ini jadi pelajaran berharga buat saya.
Introspeksi biar kalau belanja apalagi dalam nominal besar, jangan terburu-buru.

Well,
sekian dulu cerita pengalaman tidak mengenakkan dari saya.

Inshaa Allah nanti saya akan posting cerita lainnya yang lebih menyenangkan.

Bye...

53 komentar:

  1. Pasti shopee ya mba,kata2 admin emailnya persis sama yg saya alami sring bgt bermasalah dengan pengembalian dana,apalg skrg sy lg keteteran karena double transfer ke pihak shopee nya. Males ,down jg mantau email n apl ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mengalami hal yang sama, mohon bantuan nya ka pengembalian dana saya ditolak saga harus apa?

      Hapus
  2. Pasti shopee ya mba,kata2 admin emailnya persis sama yg saya alami sring bgt bermasalah dengan pengembalian dana,apalg skrg sy lg keteteran karena double transfer ke pihak shopee nya. Males ,down jg mantau email n apl ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga nggak sih ajukan pengembalian ke email shopee krna terlanjur klik pesanan di trima pdahal mau ajukan pengembalian

      Hapus
    2. Bisa juga nggak sih ajukan pengembalian ke email shopee krna terlanjur klik pesanan di trima pdahal mau ajukan pengembalian

      Hapus
  3. Iya bener mba sy jg ska minta pengembalian dana di akun itu, ktnya ga bisa, harusnya klo barang blum dikirim, blum ada resi, & msh dikemas, pihak shopee harus bisa otomatis mengkonfirmasi pengembalian dana utk masuk di shopee pay, krna lewat penjual nya ribet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harusnya kalau masih dikemas sih bisa di batalin bukannya malah ditolak penjual

      Hapus
  4. kaaa bagaimana saya udh tf 3hari yg lalu. tapi pesenan sya blm dikirim juga smpainskrg. bahkan utk besok pesnaan saya batal otomatis. apakah uang sy hangus bgtu saja? dan dr pihak olshop tersebut tdk ada tanggung jawab sm skli dan tidk ada respon sm sekali dr awal sy sudah transfer sampai skrg . padahal olshop tersebut sedang ONLINE. saya WA pun tidk ada respon smsekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak saya mbk. Terus uang mbk sudah kembali blm?

      Hapus
    2. Sama kayak saya mbk. Terus uang mbk sudah kembali blm?

      Hapus
    3. Bagaimana jika barang nya sudah samlao tapi ada veberapa barang yang tudak dimasukan ke dlm paket. Pas saya minta pengembalian dana malah ditolak.dan mereka minta bukti unboxing.udah dikirm 2 hari ga direspon

      Hapus
    4. Nah ini sama persis dengan yang saya alami sekarang

      Hapus
  5. Saya malah dikirim barang yg jelek sama penjual shopee padahal diskripsi bulan bahan PU Bert 700gram eh yg datang bahan nylon berat 300gram saya chat sama saya kasih bukti kalau barang tidak sesuai eh dia malah nyolot bilang kalau barang yg dya kirim bahan PU padahal saya sudah kirim berat barang dll sebagainya...heran juga ketemu penjual shoppe yg hoby boong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak sya juga. Terus itu kelanjutannya gimana. Soalnya saya jg lg bingung nih ngalamin yg sama

      Hapus
  6. Shopee lagi shopee lagi. Saya malah disuruh tunggu pengembalian dan 60 hari cuy. Belum termasuk tanggal merah dan sabtu minggu. Dan sama aja 3 bulan kurang dikit . Cs nya php

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama,terus sekarang kembali gk dananya kak?

      Hapus
  7. Aku mengalamin nya sekarang 😩😩 belanja di shopee tp yg nyampe cuma sepatu sama sandal tas nya ga ada di suruh mengajukan pengembalian dana. Si penjual di chat ga direspon padahal status nya online terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gadirespon bukankan otomatis uang akan dikembalikan ke pembeli kak?

      Hapus
    2. Sama kak. Shoppe sudah menerima pengajuan pengembalian tapi dari pihak penjual nya tetap menolak. Takutnya kalau saya kirim balik itu barang uang juga gak balik. Gimana solusi nya ya kak?

      Hapus
  8. Aku mengalamin nya sekarang 😩😩 belanja di shopee tp yg nyampe cuma sepatu sama sandal tas nya ga ada di suruh mengajukan pengembalian dana. Si penjual di chat ga direspon padahal status nya online terus

    BalasHapus
  9. Pasti shopee ya? Sya aja pernah dibohongin sma penjual nakal, pesan barang harga 220 rb dikirimnya barang yg harganya 110 rb. Nih skrng lg di pengembalian barang/dana malah ditolak penjual banding, SUE kapok belanja di shopee

    BalasHapus
  10. Kalau yg sedang sy alami saat ini, beli barang dengan nominal cukup gedhe eh akhirnya dibatalkan karena seller bilang barangnya ga ada entahlah. Dan rumitnya shopee pay sy tdk bisa diaktivasi. Tidak menerima kode otp. Sy kd galau sampai saat ini.. Bagaimana yaa.. Dr pihak shopee sama sekali tidak membantu.

    BalasHapus
  11. Kalau yg saya alami,,dari tanggal 29 pengeriman,,dan seharusnya pesanan saya sampai sebelum tanggal 6 tapi sampai sekarang gak sampai,,dan bingung mesti gmna,,udh mengajukan pngembalian dana,,tapi gak direspon penjual

    BalasHapus
  12. Kak kalau saya kan kemarin tgl 12 membeli produk di shopee lalu si penjual malah membatalkan pesanan ,padahal saya sudah membayarnya proses pengembalian berpa lama .?

    BalasHapus
  13. Saya sedang mengalaminya skrg ka�� galau bgt dr tgl 1 sampe skrg gadikirim2 kemaren saya batalkan pesanannya eh malah ditolak;( bagaimana ini ya ka������

    BalasHapus
  14. Sy jg lg ada masalah belanja di shopee udh jelas2 brg yg di kirim ke sy salah ngak sesuai dgn pesanan sy, sy ajukan pengembalian tuh penjual malah banding, penjualnya di chat ngak di bls.. Dr pihak shopee malah minta bukti2 yg lain klo ngak dana akan di teruskan ke penjual.. Sampai saat ini sy msh menunggu penyelesaiannya... Entah gmn shopee menyelesaikannya yg pasti sangat bertele2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persis,cs shop** di chat malah minta data ini itu bikin repot, penjual jg sm edan nya udh ngasih bintang satu bukan di jadikan motivasi malah d blokir

      Hapus
    2. Saya juga gitu tuh. Terus bagaimana yaa. Kan pihak shpee minga bukti waktu d pencet kirim bukti malah ga ada keluar apa apa. Cuma putih doang. Loading kok lama. Pdhl jringan bagus. Duuub pusing

      Hapus
  15. Saya jg mengalami beli produk 2 yg dikirim hanya 1 ajukan pengembalian dana tokonya ajukan banding pdahal produk yg diterima hanya satu yaah ga tau lah gmna sdh apakah dibalikin atw tdk baru kali ini ky gini kjadiaan

    BalasHapus
  16. Saya juga mengalami itu saya beli tgl 5 april sampai tgl 19 april barang blm juga di teriman

    BalasHapus
  17. Saya jg sama barang dikirim tp kosong isinya cuma secarik kertas ucapan maaf tok. .sata tlpn shopie disuruh klik pengembalian

    BalasHapus
  18. Kak mau tanya saya order celana jeans 3pcs warna hitam .nah yg dikirim 1pcs bahan jeans 2pcsnya bhan legging ..lalu saya ajukan pengembalian dana seumpama ditolak lalu gimana lagi ya kak ..mohon bantuannya karna saya bener2 ga paham

    BalasHapus
  19. Kalau saya sih, barang sudah dikirim dari 17 mei, tapi berhenti di Jakarta Gateway sampai sekarang. Seller-nya bilang harap sabar menunggu.

    Sebentar lagi 25 mei, batas garansi shopee-nya ��
    Barang sudah dikirim, jadi ngga bisa minta pengembalian koin shopee yang sudah saya tukar pula ��

    BalasHapus
  20. Saya mesan alat cukur di shopee dr sblm lebaran ktanya toko libur akan di kirim tgl 10. Ehh sampai skrg blm dikirim juga . Saya ajukan pengembalian dana,malah di tolak sama penjual padahal chat sya tidak direspon. 2 hari stelah itu saya chat penjual dan penjual balas barang akan segera dikirim. Tapi sampai sekarang barangnya gak dikirik kirim. Nah tgl 17 saya chat penjualnya tidak direspon malah membuat toko sedang libur �������� asli geram kaliii

    BalasHapus
  21. Kak ini gimana saya yang barang udj 2 minggu tapi gak sampai sampai. Sedangkan pesanan kedua saya yang duluan sampai gk sampe 2 mnggu. Pesanan pertama saya emtah dmnaa. Trus sya harus gmna domg

    BalasHapus
  22. Emailny kmna si kak..q klo email ga bisa gagal ket tdk terkirim gtu

    BalasHapus
  23. Sama,saya juga sekarang lagi mengalaminya. Yg ngeselin itu chat gak dibalas, padahal penjualnya onlinee. Sekarang saya sudah mengajukan pengembalian dana. Semoga aja berhasil. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah bisa mba? udah balik belum uangnya?

      Hapus
    2. Saya sedang cemas2 pusing ini mas, Semoga saja pengajuan pengembalian barang dan dana bisa di Terima karena barang yang saya pesan laptop yang datang notebook .. terimakasih catatannya hariannya mas sedikit membuat hati q tenang

      Hapus
  24. Saya sekarang malah bingung...penjual ngechat bilangnya barang dah kosong dan disuruh ganti barang lain..kalau barang saya gak masalah..tpi ini pesanan customer saya...saya bales chatnya minta tolong konfirmasi pembatalan...yang bikin gedeg..pengajuan pembatan ditolak penjual..kira2 langkah ap yg harus saya lakukan ya kak..mohon yang pernah punya kejadian seperti saya...beri saya masukan 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  25. Kak sya kan pesen barang trus katanya barang kosong jadi saya batalkan eh malah pengajuan pembatalan nya di tolak penjual kira2 Gimana ya kak nominalnya lumayan lagi

    BalasHapus
  26. Saya beli barang di shopee..pemberitahuannya udah di trima Keluarga..saya bingung donk orang pket ga datang..dan di hari penerimaan itu saya di rumah
    Tp ga ada pket datang..sya komplen ke toko katanya itu bukan urusan dia karna dr toko udah kirim.. saya bingung untuk lacak dimana barang saya.. tp ttp ga bisa.. apa yang saya aman atau barang bisa di ketemukan entah lah tolong bantu saya

    BalasHapus
  27. Pasti shopee sy pernah ngalamin shoope susah dlm hal pengembalian dana ,klo saya retur barang yg dikirimkan barang rusak tp proses nya sungguh ribet, seakan akan shopee. Condong pada toko bukan pada pelanggan

    BalasHapus
  28. Saya juga pernah gini mbak padahal penjualnya bilang di refund kak kalau barang sudah sampai sekali nya barang udah sampai dan tidak lengkap dan saya ajukan pengembalian dana malah di tolak😢 saya sangat kecewa meskipun hanya 146.000 tapi berasa banyak banget karena saya masih SMA😢 Saya juga udah chat pihak shopee malah di suruh nunggu lagi lagi dan lagi saya juga heran dengan sikap dari pihak shopee yang kurang tegas😢 saya hanya bingung saja padahal tu penjual sudah tau barang tidak lengkap dan dia sendiri yang meminta saya untuk refund tapi kenapa dia juga yang menolak jujur nyesek banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus gimana mba sudah proses banding di shopee?ini juga saya lagi proses banding setelah pengajuan ditolak penjual

      Hapus
  29. Saya membeli bedcover seharga 400 ribu di kinta*** Ketika Dateng barang cacat dan di kirim tidak lengkap sesuai deskripsi produknya. Akhirnya saya ajukan pengembalian barang dan dana. Sudah di setujui . Kemudian saya kembalikan barang nya. Syaa kirim kembali. Setelah itu pengajuan saya di tolak dengan alasan barang yang syaa kirim tidak dalam kondisi seperti pihak Sanah kirim pada saya. Itu tidak sesuai karna saya sudah buka untuk melihat kelengkapan barang. Setelah penolakan itu secara tidak sengaja saya mengklik" batalkan pengajuan" yang mengakibatkan status pesanan sudah di terima dan pengajuan sudah berhenti. Tapi akhirnya saya tidak menerima barang ataupun dana nya. Saya telah menghubungi pihak shopee juga penjual. Tapi hanya terus di janjikan. Siapa pun yang bisa bantu saya. Saya meminta bantuan bagaimana cara menyelesaikan ini

    BalasHapus
  30. Saya juga gini pdhl barang ga saya terima resinya tuh ga jalan2 dri jkt sampe saya perpanjang masa pengirmannya ttep aja ga sampe la trs saya ajuin pengembalian malah ditolak sama yg jual sebel bgt udh ngubungin pihak shop** malah suruh nunggu2 trs 😔gimana ya solusinya masa uang saya hangus gitu aja 🥺

    BalasHapus
  31. saya mengalamami hal yang sama di 9 September kemarin. di Shop**. saya pesen di official store 4 item. yg datang hanya 2 item. chat ke store nya disuruh ajukan pengembalian dana. padahal saya minta kekurangan 2 item tersebut dikirimkan ke saya. tapi ga bs. akhirnya ajukan pengembalian dana. eh..ditolak. bukan masalah uang. ini kan saya yg dirugikan. karena sudah lama nunggu barangnya..trus kurang 2 item. sampai saya harus beli di platform lain karena kecewa bgt sm platform 1 ini.

    BalasHapus
  32. Saya jg mengalami hal yg sama. Pesanan saya tidak sesuai deskripsi, kemudian saya ajukan pengembalian dana ke shopee. Semoga Shopee tidak berpihak kepada penjual, karna barang yg saya terima tidak sesuai deskripsi. Kemudian saya kirim balik barangnya karena saya sudah melakukan pengukuran dan memang tidak sesuai deskripsi. Semoga ada harapan dananya kembali, masih menunggu proses dan itikad baik dari Shopee . Kalau mereka tidak mengembalikan dana saya dan berpihak kepada penjual, brati brati mereka melakukan penipuan bersama penjual dan konsumen yg dirugikan.

    BalasHapus
  33. Saya sekarang lg proses pengembalian dana. Karena barang tidak sesuai deskripsi. Saya beli pencil case 2 total harga 168.030. eh malah pas nyampe dikasih pulpen seharga 3 ribuan. Disitu ngedown asli deh. Jadi lebih berhati-hati kalo belanja online begini.
    Penjualnya juga belum ada respon sampai sekarang. Paling lambat sebelum tanggal 10. Semoga deh dananya bisa dikembalikan

    BalasHapus
  34. Kalo aku pesan baju 10pcs tapi yg datang hanya 6 Pcs.
    Bagaimana caranya Mau minta pengembalian dananya yah ? 🙏

    BalasHapus